meta-fb

Jenis Kain Brokat Yang Bagus Untuk Kebaya Pengantin dan Wisuda

Jenis Kain Brokat Yang Bagus Untuk Kebaya Pengantin Dan Wisuda

VictoryLabs.ID – Ketika ingin membuat sendiri kebaya untuk berbagai acara seperti pernikahan, wisuda, acara adat/kebudayaan, dan acara lainnya. Pemilihan jenis kain brokat yang bagus sangatlah penting dilakukan.  Karena setiap jenis kain brokat memiliki gayanya tersendiri, apakah jenis kainnya cocok untuk gaya tradisional ataupun dengan gaya modern.

Sekilas Tentang Kain Brokat

Kain brokat adalah salah satu jenis kain yang bisa digunakan untuk pakaian tradisional ataupun pakaian modern. Nama Brokat sendiri sebenarnya berasal dari Italia yaitu kata Brocato. Kata Brocato ini memiliki arti kain yang disulam. Selain itu, brokat juga berasal dari kata Brocarre yang artinya menusuk atau bahan yang ditusuk.

Kain brokat sendiri memiliki ciri khas yang unik dengan berbagai motif dan pola yang menarik seperti bentuk bunga, tanaman, dan unsur alam lainnya. Karena memiliki tekstur yang keras dan sering membuat gatal di kulit. Penggunaan brokat untuk dijadikan sebagai pakaian harus dilengkapi dengan tambahan furing.

Di Indonesia kain brokat sudah dari jaman dahulu terkenal sebagai bahan kain yang digunakan untuk membuat kebaya. Penggunaa dari brokat pada kebaya ini membuat pakaian jadi terlihat lebih mewah dan elegan. Sehingga penggunaannya juga sering digunakan hanya pada acara-acara pesta dan pernikahan. Untuk membuat brokat jadi lebih menarik, tidak jarang kain brokat ditambahkan dengan manik-manik atau payet.

Saat ini dengan perkembangan dunia fashion baik dari dalam negeri ataupun luar negeri, membuat jenis kain brokat jadi lebih beragam. Saat ini di pasaran terdapat jenis kain brokat yang bagus dengan harga mulai dari puluhan ribu, bahkan hingga ratusan juta per meter. Semakn unik tekstur dan corak kain brokat, maka harganya juga dipastikan akan lebih mahal.

9 Jenis Kain Brokat Yang Bagus

Jika kamu sedang mencari jenis kain brokat yang bagus untuk membuat pakaian yang digunakan pada acara pernikahan, wisuda atau acara lainnya. Maka silahkan simak beberapa jenis kain brokat yang berkualitas dan paling bagus yang ada di pasaran saat ini.

1. Kain Brokat Biasa – Jenis Kain Brokat Yang Terjangkau dengan Kualitas Standar

Jenis brokat biasa adalah yang paling umum dijumpai di pasaran saat ini. Meskipun memiliki variasi motif dan warna yang terbatas, tetapi jenis brokat ini memiliki keunggulan harga yang terjangkau per meternya.

Meskipun sederhana, tetapi jenis kain brokat ini masih menjadi favorit banyak orang, terutama ketika ingin membuat busana yang seragam di acara pernikahan atau cara lainnya.

2. Kain Brokat Tille – Jenis Brokat Yang Ringan, Kuat, dan Terjangkau

Bagi kamu yang menginginkan kain brokat yang bagus, ringan dan nyaman dipakai, maka pilihan tepat adalah menggunakan brokat Tille. Kain brokat ini memiliki tekstur tipis yang membuatnya sangat ringan saat dikenakan. Meskipun bahannya tipis, kekuatan dan ketahanan kain brokat ini tetap dapat diandalkan dan bisa menjadikan bahan kain ini pilihan ideal untuk dibuat menjadi busana kebaya. Harga yang terjangkau juga membuat kain brukat ini cocok untuk pembuatan busana kebaya seragam untuk seluruh keluarga.

3. Kain Brokat Tille 3D –  Kain Brokat Dengan Tambahan Unsur 3D

Brokat Tille 3D, meski memiliki dasar bahan yang mirip dengan brokat Tille biasa, tetapi ada penambahan dimensi baru pada desainnya. Kelebihan utama kain brokat ini yaitu memiliki kain yang halus dan ringan saat dikenakan.

Tambahan bentuk motif bunga yang disesuaikan dengan motif dasar kain, serta penambahan payet pada motif. Sehingga akan memberikan sentuhan busana kebaya yang elegan dan cantik.

4. Kain Brokat Perancis – Jenis Kain Brokat Yang Elegan Cocok Untuk Membuat Kebaya

Kain Brokat Perancis adalah pilihan istimewa dari banyaknya jenis kain brokat yang bagus yang ada di pasaran. Kain jenis ini terlihat unggul berkat kelembutan bahannya, tidak panas, dan mempunyai motif yang lebih padat jika dibandingkan dengan jenis kain brokat lainnya.

Keistimewaan lainnya yaitu pada motif yang sudah rapat, sehingga kain ini bisa menghilangkan kebutuhan untuk melapisinya dengan kain tambahan. Kain brokat Perancis yang lembut ini juga sangat nyaman digunakan tanpa menimbulkan rasa gatal.

Jenis kain brokat ini sangat ideal dipilih untuk membuat busana kebaya pengantin. Namun, perlu diingat bahwa kain brokat perancis ini memiliki harga yang fantastis.

Bagi yang tertarik menggunakan kain brokat Perancis tetapi menginginkan harga yang lebih terjangkau, kain Brokat Semi Perancis bisa jadi solusi tepat. Dengan sedikit perbedaan dalam hal kekakuan bahan dibandingkan Brokat Perancis asli. Tetapi jenis kain ini lebih mudah dijahit dan jugua memiliki daya tahan yang lebih baik.

5. Kain Brokat Jepang – Jenis Brokat Dengan Ciri Khas Motif Bunga yang Besar

Brokat Jepang hadir sebagai pilihan eksklusif saat kamu ingin membuat busana kebaya. Kain brokat ini dikenal dengan ciri khasnya yaitu memiliki motif bunga yang besar dan tersebar merata di seluruh permukaan kain. Meskipun tidak selembut jenis Brokat Perancis, tetapi brokat Jepang tetap menawarkan kelembutan di bahannya.

Keunggulan lainnya dari brukat jenis ini adalah harganya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan Brokat Perancis. Motif yang sederhana dan bahan yang halus membuat brokat Jepang ini sangat cocok untuk busana kebaya wisuda. Sehingga akan menambahkan sentuhan elegan pada acara istimewa tersebut.

6. Kain Brokat Prada – Jenis Kain Brokat Dengan Motif Timbul dan Tekstur Halus

Brokat Prada merupakan pilihan menarik lainnya saat kamu mencari jenis kain brokat yang bagus. Jenis brokat ini memiliki ciri khas motif timbul dan tekstur halus. Potongan halus dari kain brokat ini cocok digunakan untuk berbagai model kebaya.

Kamu bisa menemukan jenis kain Brokat Prada di toko bahan atau kain dengan harga bervariasi tergantung pada kehalusan bahan dan jenis motif. Bagi yang menginginkan memiliki busana kebaya yang elegan, maka Brokat Prada adalah pilihan tepat untuk dipertimbangkan.

7. Kain Brokat Italia – Brokat Dengan Payet dan Bordir yang Memukau

Bagi penggemar motif payet atau bordir, maka Brokat Italia bisa menjadi opsi yang paling menarik. Jenis kain brokat yang bagus ini sudah mencakup payet dan bordir dalam desainnya. Variasi payet dan bordir yang rumit dan unik akan memengaruhi harga jual bahanya.

Keuntungan lainnya dari jenis brukat ini adalah kain ini tidak memerlukan tambahan payet atau bordir tambahan. Sehingga, Brokat Italia bisa menjadi pilihan praktis dan efisien, menghemat waktu dalam proses pembuatan kebaya, tetapi tetap memancarkan keanggunan.

8. Kain Brokat Corneli – Kain Brokat Dengan Motif Bordir yang Rapat

Kain brokat Corneli juga bisa dipertimbangkan karena memiliki keunikan motif bordirnya yang sangat rapat dan bahan yang terasa halus.

Meskipun motif bordir yang rapat akan membuat kain terasa lebih berat saat dikenakan. Hal ini tidak akan jadi masalah ketika kamu sudah terpesona oleh motif bordir pada jenis brokat satu ini. Fleksibilitas bahan kainnya juga akan memastikan kenyamanan saat dikenakan pada tubuh.

9. Kain Brokat Suppert – Kain Brokat Yang Fleksibel Dan Anggun

Brokat Suppert memiliki keunggulan dengan bahan yang lentur dan dapat melar. Jenis kain brokat yang bagus ini bisa jadi pilihan terbaik jika kamu ingin membuat busana kebaya yang dapat menyesuaikan bentuk tubuh dan memberikan kenyamanan saat digunakan.

Kain brukat ini memiliki motif timbul yang menarik, sehingga membuatnya cocok untuk digunakan saat acara formal. Jika kamu sedang mencari rekomendasi jenis kain brokat yang bagus untuk acara resmi atau formal, maka brokat Suppert bisa menjadi pilihan yang tepat.

Lalu Manakah Jenis Kain Brokat Yang Bagus?

Manakah jenis kain brokat yang bagus untuk membuat kebaya pernikahan atau wisuda? Jawabannya adalah tergantung pada kebutuhan dan budget yang kamu miliki. Bisa dikatakan semua jenis kain brokat diatas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Selain pemilihan bahan yang tepat, pastikan saat ingin membuat kebaya dari jenis kain brokat yang bagus yang direkomendasikan diatas. Kamu juga harus mencari penjahit atau pembuat kebaya yang profesional dan berpengalaman. Sehingga nantinya kebaya dengan bahan brokat yang dibuat akan memiliki desain yang sesuai dengan keinginan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja